Ayam Panggang Garam dan Merica

Ayam Panggang Garam dan Merica

Menyerukan hanya empat bahan – ayam, garam, merica, dan bumbu apa pun yang ada di sekitar Anda – ini adalah resep untuk ayam panggang yang paling sederhana dan terbaik. Metode ini cukup mudah. Anda membumbui burung itu, lalu memanggangnya dengan panas tinggi sampai kulitnya berwarna perunggu dan segar dan dagingnya berair. Jika Anda punya waktu untuk membumbui ayam di depan, Anda harus; itu membuat perbedaan rasa. Dan ingatlah, jika Anda memiliki jenis oven dengan panas tinggi, Anda bisa memasak ayam pada suhu 400 derajat, bukan 450, meskipun Anda membutuhkan 5 hingga 20 menit tambahan untuk menyelesaikannya.

Bahan

1 (3 1/2-pon) ayam utuh, ditepuk kering
2 ½ sendok teh garam halal
2 sendok teh lada hitam
Tandan kecil campuran herbal, seperti rosemary, thyme dan sage

Persiapan

Bumbui ayam di dalam dan luar dengan garam dan merica. Jika Anda punya waktu, dinginkan ayamnya, terbuka, selama satu jam, atau semalam.
Panaskan oven hingga 450 derajat. Tempatkan dada ayam di atas wajan atau wajan tahan oven besar. Isi rongga dengan bumbu dan ikat kaki bersama dengan benang dapur. (Jika Anda tidak memiliki benang, biarkan kaki apa adanya.)
Panggang 50 menit, lalu panggang ayam dengan wajan. Lanjutkan memanggang sampai cairan ayam menjadi bening ketika kulit ditusuk dengan pisau, 5 hingga 10 menit lebih lama. Diamkan 10 menit sebelum ukiran.

Kiat

Sekarang setelah Anda mengetahui dasar-dasar memanggang ayam, berikut adalah beberapa saran untuk cara menyajikannya:

Cobalah saus samping. Aioli, saus béarnaise, salsa verde, saus romesco, chimichurri, dan saus pendamping dapat disiapkan terlebih dahulu, dan mengubah ayam panggang sederhana menjadi sesuatu yang sedikit lebih istimewa. Bahkan sesendok Dijon mustard sungguh menakjubkan di sini.

Sajikan ayam Anda langsung di atas tumpukan selada air, baby kale, tatsoi, arugula, atau sayuran hijau lembut lainnya yang telah ditaburi jus lemon dan ditaburi garam. Panas burung akan membuat sebagian hijau layu sementara yang lain tetap segar, dan lemak ayam panas membuat saus instan setelah dicampur dengan jus lemon.

Gantikan roti panggang panas untuk selada air atau sayuran hijau di atas. Lemak ayam panas membuat crouton ini sangat indah.

Ukiran

Berikut adalah metode untuk mengukir ayam sehingga setiap orang mendapatkan sedikit kulit bersama daging mereka. Jika Anda memiliki alat, panaskan piring untuk disajikan. Cara termudah adalah mengeluarkannya dari mesin cuci piring, atau menjalankannya di bawah air keran yang sangat panas selama beberapa menit, lalu mengeringkannya. Menempatkan daging yang baru saja diukir di piring yang dihangatkan adalah cara yang paling elegan untuk dilakukan.

Pindahkan ayam panggang ke talenan, tenda dengan foil, dan biarkan selama 5 hingga 15 menit.

Mulailah mengukir dengan melepas kaki. Tarik paha dari ayam lalu potong dengan mengirisnya. Jika mau, Anda bisa menarik paha hingga sendi terlepas sebelum Anda memotong; ini membuatnya lebih mudah untuk memotong (Anda akan dapat melihat dengan tepat di mana posisi pisau).

Setelah kaki lepas, potong persendian yang menghubungkan stik drum dengan paha. Sendi akan lunak dan tidak menawarkan banyak perlawanan pada pisau. Jika Anda kesulitan menemukannya, gerakkan pisaunya sedikit, goyangkan sedikit sampai Anda menemukannya.

Selanjutnya, potong sayap dengan menarik sayap ke bawah dan memotong melalui sendi. Anda dapat menggunakan manuver popping yang sama dengan paha jika Anda ingin membuat pemotongan lebih mudah.

Sekarang lepaskan payudara. Iris sepanjang tulang dada di satu sisi, masuk sedalam mungkin dengan ujung pisau sehingga menyentuh tulang rawan. Potong daging dada sehingga keluar dari tulang rusuk, kemudian potong kulit yang menempel di belakang. Hati-hati jangan sampai merobek kulit. Ulangi di sisi lain. Jika mau, Anda bisa mengiris payudaranya melintang, melintasi biji-bijian, menjadi potongan-potongan.

Akhirnya, balikkan ayam dan temukan “tiram,” kenop kecil yang lezat di samping tulang belakang di belakang tempat paha dulu berada. Gunakan ujung pisau Anda untuk mencabutnya. Anda juga bisa memotong ekornya jika mau.

 

 

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *